Friday 11 July 2014

Samsung Mengungkapkan Chip Exynos ModAP

Samsung Mengungkapkan Chip Exynos ModAP

Kemarin Samsung mengeluarkan sebuah tweet teaser dari akun resmi Twitter @SamsungExynos yang akan mengerluarkan sebuah chip terbaru Exynos. Sebuah penawaran daya rendah yang baru? Berita tentang komponen 64-bit? Ternyata, semua dugaan tersebut meleset dari sasaran, tapi informasi yang kita punya sekarang bisa dibilang cukup penting, karena Samsung telah resmi memperkenalkan Chip Exynos ModAP yang terintegrasi dengan radio LTE.

Mengingat beberapa konfigurasi hardware yang kami harapkan dari ponsel Samsung, dengan versi kunci yang didukung oleh chip Samsung Exynos sendiri, namun sebagian besar sisanya (terutama untuk pasar seperti Amerika Serikat) masih menjalankan chip Qualcomm Snapdragon? Qualcomm masih terikat pada Samsung dengan menawarkan chip Snapdragon dengan built-in radio LTE, sehingga bagi daerah di mana dukungan LTE itu sangat penting, Samsung tidak bisa menggunakan chip Exynos. Dengan ModAP, yang akhirnya berubah.

Generasi pertama Chip Exynos ModAP ini tidak terlalu unggul dari beberapa model chip high-end Exynos 5. Dengan chip quad-core, bukannya octa-core. Tetapi ini adalah sebuah langkah besar bagi Samsung, dan model-model baru yang akan datang di keluarga ModAP mungkin akan berkembang seiring dengan kinerja yang lebih tinggi. Model pertama ini juga hanya cocok dengan Cat 4 LTE, bukan Cat 6 LTE seperti yang ada pada chip Qualcomm terbaru, jadi setidaknya masih ada ruang untuk meningkatkan kinerja chip ini.

Gambar: Samsung

No comments

Post a Comment